Sejarah Es Krim - MadaniTec

Artikel Detail

Sejarah Es Krim

Sejarah Es Krim

Sejarah Es Krim

Es krim merupakan panganan yang unik dengan kekhasnnya dan disukai banyak kalangan. Pada masa penemuannya es krim memilik sejarah yang panjang. Sejarah es krim dari masa ke masa dengan berbagai perkembangannya dari berbagai belahan daerah di dunia :

Zaman Romawi

Pada saat kekaisaran romawi diperintah oleh Kaisar Nero. Terdapat catatan sejarah yang menceritakan sebuah pesta dimana pada salah satu hidangannya adalah es yang diambil dari pegunungan dengan dihiasi buah-buahan.

Persia Kuno

Pada saat itu orang persia menemukan cara penyimpanan es di gurun saat musim panas. Ruang penyimpanan tersebut semacam kulkas penyimpan es berukuran raksaksa dikenal dengan nama Yakhchāl. Yakhchāl یخچال) asal katanya yakh yang berarti es dan chāl yang berarti lubang. Yakhchāl pertama kali dibuat sekitar tahun 400 SM oleh insinyur Persia yang menguasai teknik menyimpan es di gurun saat musim panas.

struktur bangunan Yakhchal

Yakhchāl berdiri di atas tanah dengan struktur berbentuk kubah lancip yang dilengkapi dengan sebuah ruang penyimpanan bawah tanah. Luas area bawah tanah yakhchāl bisa mencapai 5000 meter kubik lebih. Ruang bawah tanah ini yang sering dipergunakan untuk menyimpan es, walau terkadang digunakan juga untuk menyimpan makanan.

bangunan Yakhchal

Kegunaan es di musim panas diantaranya diperuntukan untuk mendinginkan suguhan yang diperuntukkan bagi keluarga kerajaan selama musim panas dan membuat hidangan pencuci mulut dingin ala Persia yang bernama Faloodeh. Faloodeh merupakan makanan seperti puding dingin terbuat dari air mawar dan sohun yang disajikan selama musim panas. Dalam perkembangannya Faloodeh dicampur dengan kunyit, buah-buahan, dan berbagai rasa lainnya. Di Iran Faloodeh berkembang dengan pesat, yang dibuat dari pati (biasanya gandum), yang diputar di saringan seperti mesin yang memproduksi benang atau tetes adonan yang direbus dalam air. Campuran kemudian dibekukan, dicampur dengan air mawar dan lemon sebelum disajikan.

Dinasti Shang, China

Pada saat itu juru masak di China menyajikan es yang diambil dari salju yang turun. Kaisar Tang yang saat itu memerintah China memiliki citarasa yang tinggi terhadap makanan dan minuman meminta es tersebut agar dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Sehingga pada saat itu di kalangan istana dikenal es krim yang dicampur dengan beberapa adonan bahan, seperti lemak susu dan buah-buahan yang menjadikannya lembut dan nikmat. Sehingga Es krim di masa Dinasti Shang memiliki bentuk yang seperti sekarang.  

Italia

Pada saat itu penjelajah terkenal Marcopolo melakukan penjelajahan di negeri China dan melakukan perdagangan. Kemudian Marcopolo membawa resep es krim ke negaranya. Berbeda dengan cara pembuatannya di China.

Es Krim Gelato Italia

Di Italia memodofikasi pembuatan es krim dengan perpaduan campuran es dan ditambah sirup. Es krim Italia ini kemudian dinikmati oleh bangwasan Eropa dan meyebar ke seluruh dunia.

Amerika

Di Amerika, es krim baru populer pada abad ke-19, seiiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Sebutan ice cream berasal dari para kolonis Amerika, berasal dari fase ice cream. Kedai es krim pertama dibuka di New York City, pada 1776.

Indonesia

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang dan Surabaya. Saat itu es krim merupakan barang mewah dan mahal dan mahal, dan kebanyakan hanya orang Belanda saja yang menikmatinya. Kemudian karena es krim hanya kalangan terbatas yang menikmati, maka orang pribumi yang tertarik untuk mencicipi es krim membuat adonan es krim sendiri dengan mengganti adonan susu yang saat itu sangat mahal dengan santan.

Penjual Es Puter Indonesia Jaman Dahulu 

Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim. Sejak saat itulah es krim tradisional dikenal dengan nama es puter atau es dung dung. Karena pembuatannya dilakukan secara diputar, maka diberi nama es puter. Dan karena dijajakan oleh pedagang dengan memukul-mukul perangkat gamelan yang disebut bonang dengan mengeluarkan suara khas dung-dung-dung untuk menarik pelanggan, maka disebut es dungdung.

 

Pembuatan es puter menggunakan metode yang hampir sama. Proses pembuatan es putar secara tradisional memakan waktu yang relatif lama. Dalam perkembangannya dibuatlah alat es puter kemudian alat tersebut dimodifikasi dengan menggunakan mesin, sehingga mempermudah proses dan mempersingkat waktu dalam pembuatannya. Artikel mengenai sejarah mesin es krim atau es puter akan kami ulas dalam artikel selanjutnya.

Related News

Masalah Sumber Air Minum Dan Air Bersih

Masalah Sumber Air Minum Dan Air Bersih

February 15, 2019
Air merupakan zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dibumi termasuk manusia, manusia biasanya menggunakan air untuk memenuhi kebutuhan minum (a...
Cara Membuat Es Krim Rumahan Untuk Dijual

Cara Membuat Es Krim Rumahan Untuk Dijual

May 15, 2017
Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini yaitu es krim. Yap benar, es krim merupakan makanan murah meriah dan enak disukai berbagai kalangan...
Mesin Pembuat Bakso Untuk Meningkatkan Produksi Dan Omset

Mesin Pembuat Bakso Untuk Meningkatkan Produksi Dan Omset

September 08, 2023
Mesin cetakan bakso - Produsen bakso pasti memiliki target produksi bakso setiap harinya untuk memenuhi permintaan pelanggannya. Tantangan dan kendala...