Cara Membuat Biopori Sederhana untuk Resapan Air dan Kompos - MadaniTec

Artikel Detail

Cara Membuat Biopori Sederhana Untuk Resapan Air Dan Kompos

Cara Membuat Biopori Sederhana Untuk Resapan Air Dan Kompos

Mengenal Lubang Biopori

Biopori adalah lubang vertikal yang dibuat di tanah dan digunakan sebagai resapan air. Biasanya lubang resapan biopori memiliki kedalaman 80 - 150 cm dengan diameter 3 - 5 inchi. Selain berguna sebagai tempat resapan air, lobang biopori juga dapat digunakan sebagai tempat pembuatan pupuk kompos dengan bahan dasar sampah rumah tangga.

 

4 Manfaat Biopori bagi Lingkungan

Lubang Resapan Biopori (LRB) pertama kali dicetuskan oleh peneliti Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian IPB, Dr. Kamir R. Brata yang manfaatnya sudah teruji sejak tahun 1993. Beberapa manfaat biopori bagi lingkungan adalah sebagai berikut:

 

1. Penyerapan Air

Lahan yang ada bioporinya akan lebih cepat menyerap air. Manfaat biopori ini akan sangat terlihat jelas saat musim hujan karena selain mempercepat penyerapan air ke tanah, biopori akan membantu mengurangi genangan air akibat hujan. Bagi yang memiliki rumah dengan pekarangan kecil sangat dianjurkan untuk membuat lubang resapan biopori ini.

 

2. Meningkatkan Jumlah Air Tanah

Telah kita ketahui bahwa fungsi biopori adalah membantu percepatan penyerapan air dalam tanah. Selain itu, ternyata manfaat biopori adalah meningkatkan luas bidang resapan menjadi 40 kali lipat, yang artinya kandungan air pada tanah yang ada bioporinya lebih besar. Air yang ada dalam tanah akan membantu proses pelapukan mineral dan bahan organik tanah yang mempercepat pertumbuhan tanaman.

 

3. Mengurangi Sampah Organik

Salah satu masalah yang terjadi di Indonesia dan belum ada solusinya adalah sampah organik. Sampah organik kerap jadi masalah karena selain mudah membusuk dan  menyebabkan bau tidak sedap, juga melepaskan gas metana (CH4) yang berpengaruh ke pemanasan global.

Hal ini bisa kita kurangi jika kita membuat lubang biopori. Sampah organik yang dihasilkan rumah tangga seperti sisa sayur, buah bahkan nasi bisa kita masukkan ke dalam lubang biopori.

 

4. Membuat Kompos Biopori

Sampah organik yang kita masukkan ke dalam lubang biopori lama kelamaan akan membusuk karena diurai oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah. Setelah 2 hingga 3 bulan sampah organik akan berubah menjadi pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah.

 

Cara Membuat Biopori secara Sederhana

Sebelum dijelaskan lebih lanjut mengenai cara pembuatan biopori, terlebih dahulu kita siapkan alat & bahan pembuatan lubang biopori.

 

Alat untuk Pembuatan Biopori

1. Pelubang tanah, seperti linggis atau bor biopori

2. Pipa PVC yang sudah dilubangi

3. Penutup pipa

 

Cara Membuat Lubang Biopori

Lubang Resapan Biopori

1. Tentukan lokasi biopori akan dibuat, pastikan tidak membuat lubang biopori di sekitar sumur atau sumber mata air lain. 

2. Siram lokasi biopori menggunakan air agar tanah menjadi lunak dan lebih mudah dilubangi.

3. Lubangi tanah dengan linggis atau bor biopori dengan kedalaman 50 - 120 cm atau sesuaikan dengan tinggi pipa PVC. Usahakan agar lubang tegak lurus/ tidak miring.

4. Buat lubang biopori lain, pastikan jarak antar lubang biopori minimal 50cm

5. Masukkan pipa PVC ke dalam lubang biopori, pipa PVC ini berfungsi untuk menghindari ambruknya tanah yang telah kita lubangi.

6. Pasang penutup biopori, biopori siap digunakan

 

Membuat Kompos Biopori

Setelah lubang resapan biopori siap digunakan, kita bisa mulai memasukkan sampah organik seperti sampah rumah tangga dan daun kering ke dalamnya, caranya:

1. Isi lubang biopori secara bertahap, misal 1 minggu sekali hingga lubang terisi penuh

2. Diamkan lubang biopori yang sudah penuh selama 2 - 3 bulan

3. Sampah organik di dalam lubang biopori sudah menjadi kompos biopori yang siap digunakan

Pupuk kompos yang sudah siap digunakan bisa dipanen dari lubang biopori, begini caranya:

1. Buka tutup atas biopori

2. Lepaskan pipa PVC

3. Gali dan ambil pupuk biopori

4. Gunakan kompos biopori untuk menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan tanaman

 

Itulah perlengkapan dan tata cara membuat biopori. Kami, PT Madani Technology memproduksi perlengkapan biopori seperti: bor , pipa PVC dan penutup biopori. 

 

Informasi Produk dan Pemesanan Perlengkapan Biopori

Kantor  PT Madani Technology
Alamat  Kepuh Wetan, Wirokerten, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY 55163
Whatsapp   0812-1577-8768

 

Related News

Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

October 03, 2023
  Fermentasi adalah cara yang dilakukan untuk mengawetkan pakan ternak tanpa mengurangi kualitas nutrisinya. Berikut cara membuat fermentasi p...
Bisnis Yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Bisnis Yang Tak Pernah Sepi Pembeli

July 11, 2020
    Siapa yang belum pernah mengkonsumsi tahu? Tahu adalah hasil dari endapan kacang kedelai yang di rendam selama 3-4 jam. Tahu...
Pelatihan Merintis Usaha Es Puter Untuk Rumah Tangga Dan Ukm

Pelatihan Merintis Usaha Es Puter Untuk Rumah Tangga Dan Ukm

October 09, 2017
Salah satu kendala yang dihadapi sebagian besar pelaku pemula UMKM di Indonesia. Umumnya mereka tidak mengerti akan memulai usaha apa dan memilih prod...