Es Puter, Gelato-nya Indonesia! - MadaniTec

Artikel Detail

Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

Kalau Italia punya gelato, Indonesia juga punya sajian es yang disebut es puter. Es puter adalah es tradisional khas Indonesia yang berbahan dasar santan. Selain bercita rasa yang tinggi, es puter juga memiliki tekstur lebih padat dibandingkan es krim. Rasanya pun lebih legit dan gurih.

Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Sementara itu, nama es dung dung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul oleh penjual saat menjajakan esnya.

Es puter juga termasuk makanan yang merakyat sebab harganya cukup terjangkau. Namun, panganan ini sekarang tidak hanya dijajakan oleh pedagang es keliling, tetapi juga outlet-outlet modern di pusat perbelanjaan. Bahkan, kini kita bisa menemukan beragam varian rasa dari es puter seperti cokelat, stroberi, vanilla, pandan, dan masih banyak lagi.

Selain santan, kita membutuhkan gula pasir, tepung hun kwee, tepung sagu, tepung kanji, garam halus, air, es batu, dan garam kasar untuk membuat es puter. Mengapa harus pakai garam? Garam biasanya digunakan agar es tidak mudah mencair. Namun, bahan pembuatan es puter sangat beragam. Tidak sama antara satu penjual dengan penjual lainnya.

Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Madani Technology memproduksi mesin pembuat es krim atau es puter, salah satunya Mesin Es Puter 1 Tabung.

Desain mesin es putar 1 tabung ini dengan pengaduk stainless di dalam tabung, pemutar elektrik, memudahkan produsen pembuatan es krim atau es puter dengan hasil kapasitas cukup banyak. Mesin pembuat es krim atau es puter ini berbahan stainless steel supaya tidak mudah berkarat. Mesin es puter 1 tabung ini dapat digunakan untuk pembuatan es krim soft.

Jadi akan sangat efisien memproduksi eskrim dengan menggunakan mesin es putar 1 tabung ini.

Info dan pemesanan hubungi nomor wa, atau klik link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami

 

ref : merdeka.com, wikipedia

Related News

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Keripik Buah

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Keripik Buah

April 01, 2021
Bagi orang Indonesia keripik adalah makanan ringan yang cukup populer. Aneka ragam keripik mulai keripik singkong, keripik kentang, keripik buah, keri...
Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak

Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak

July 15, 2020
      Menjadi makanan ringan sehari-hari bagi sebagian masyarakat Indonesia, makanan ringan atau snack yang kerap dibeli di...
Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

March 17, 2021
Kelapa saat ini telah menjadi komoditi sumber daya alam yang banyak dibutuhkan, bahkan di indonesia sendiri hasil panen kelapa sangatlah tinggi. Oleh...