Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram - MadaniTec

Artikel Detail

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Zaman sekarang, uang dari penghasilan utama saja tidak terlalu cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Kalau kamu menginginkan adanya uang sisa dari penghasilan utama, sepertinya mencari bisnis tambahan sangat diperlukan untukmu.

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu peluang agribisnis atau bisnis di bidang pertanian yang menguntungkan. Jamur memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat, yang salah satunya adalah dengan mengkonsumsi menu vegetarian, jamur tiram menjadi salah satu bahan pangan andalan. Jamur bisa diolah menjadi berbagai produk kuliner yang lezat. Hal inilah yang membuat prospek bisnis jamur tiram amat menggiurkan dan peluangnya pun masih sangat terbuka lebar.

Komoditas jamur memiliki prospek yang baik, selain pasarnya luas juga pengembangan produknya sangat beraneka ragam. Selain itu agribisnis jamur merupakan agribisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, terbukti bahwa semua limbahnya mampu didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.

Budidaya jamur bermanfaat dalam jangka panjang karena kebutuhan terhadap jamur bisa terpenuhi setiap saat. Jamur yang tumbuh alami juga dapat menguntungkan juga karena warga bisa menghemat pengeluaran untuk konsumsi sayuran dengan gratis alias tersedia dari alam.

Budidaya jamur, selain menghasilkan keuntungan finansial, juga memiliki dampak positif secara ekologis. Pengelolaan serius dan intens bisa mendatangkan keuntungan per siklus jamur, menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan kewirausahaan. Secara ekologis, budidaya jamur bisa mengurangi limbah gergaji kayu karena bisa dimanfaatkan sebagai salah satu media tanam jamur tiram. Selain gergaji kayu, media yang juga cocok untuk menanam jamur adalah jerami atau alang-alang.

Ada beberapa jenis jamur biasa dibudidayakan di Indonesia, seperti jamur tiram, merang, kuping, shitake, dan kancing. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang sedang banyak disukai oleh masyarakat karena kandungannya yang kaya akan protein dan rasanya enak dan gurih. Jamur ini juga bisa menjadi makanan pilihan para vegetarian yang ingin menikmati tekstur daging. Menariknya, jamur ini bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan yang besar.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis budidaya jamur bisa dibilang tidak terlalu besar. Dengan modal kurang dari Rp 10 juta pun kamu sudah bisa memulai budidaya jamur. Modal ini dibutuhkan untuk membeli peralatan seperti kumbung, baglog, pisau, gunting, wadah panen, dan peralatan tambahan. Selain itu, modal digunakan untuk membeli perlengkapan seperti bibit jamur, obat hama, serbuk gergaji, dan lain-lain.

Jenis jamur yang banyak dibudidayakan yaitu jamur tiram yang dikenal dengan nama latin Pleurotus ostreatus. Keberadaan jamur tiram ini tinggi peminatnya, lho. Jamur tiram banyak disukai masyarakat karena rasanya yang enak dan bisa dibuat menjadi berbagai variasi masakan.

Siapa sangka jika dengan budidaya jamur tiram seseorang bisa mendapatkan omset jutaan rupiah. Padahal, modal awalnya relatif kecil. Kalau kamu baru mau mulai terjun ke bisnis pembudidayaan, maka usaha jamur tiram ini sangat direkomendasikan karena pangsa pasarnya luas. Jamur tiram merupakan salah satu olahan yang sangat digemari, tak hanya di kota tetapi juga di desa.

Tanaman ini dapat diolah menjadi kudapan yang gurih, misal jamur crispy, hingga masakan misalnya tumis, sup dan sebagainya. Kamu dapat menjualnya langsung ke end-user (pengguna akhir, termasuk ibu rumah tangga) atau membangun networking untuk menjualnya dengan sistem partai besar kepada pengepul.

Kamu juga bisa menjadi supplier untuk suatu usaha kuliner, misalnya restoran, catering, dan sebagainya. Apapun pilihan yang kamu ambil, yang jelas bisnis ini akan mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan cara yang benar.

Kami Madanitec Menyediakan Mesin Press Baglog Pembuat Jamur Tiram dengan berbagai ukuran.

Dapatkan Mesin Press Baglog Pembuat Jamur Tiram dengan harga dan penawaran terbaik dari Madanitec.
Informasi dan pemesanan hubungi sms/wa 089616373048
Atau langsung klik di Marketplace kami : ShopeeTokopediaBukalapak

ref : mongabay.co.id, 99.co

Related News

Produk Jahe Naik Daun Saat Korona

Produk Jahe Naik Daun Saat Korona

March 24, 2020
Produk Jae naik daun ditengah corona   Kita mungkin sudah tau dengan minuman tradisional yang berbahan baku jae, temu lawak, kunir asem,ber...
Langkah Awal Membuka Usaha Bisnis Roti

Langkah Awal Membuka Usaha Bisnis Roti

February 10, 2021
Apakah Anda memiliki hobi membuat kue? Apakah Anda suka menonton kompetisi membuat kue di TV dan berharap Anda bisa bersaing untuk mendapatkan hadiah...
Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

March 17, 2021
Kelapa saat ini telah menjadi komoditi sumber daya alam yang banyak dibutuhkan, bahkan di indonesia sendiri hasil panen kelapa sangatlah tinggi. Oleh...