Proses Pembuatan Mesin Pemeras Santan - MadaniTec

Artikel Detail

Proses Pembuatan Mesin Pemeras Santan

Proses Pembuatan Mesin Pemeras Santan

Santan kelapa

dikutip dari wikipedia, Santan, (singkatan dari santan kelapa) adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh. Santan kelapa adalah bahan makanan yang merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.

Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih. Santan kelapa mengandung tiga nutrisi utama, yaitu lemak sebesar 33.80%, protein sebesar 6.10%, serta karbohidrat sebesar 5.60%. Hal tersebut sesuai dengan peryataan dalam sebuah penelitian yang menyatakan penambahan santan dapat menambah cita rasa dan nilai gizi, contohnya dalam abon. Santan akan menambah rasa gurih karena memiliki kandungan lemak yang besar. 

Santan kelapa dapat dikonsumsi sebagai dirinya sendiri atau sebagai pengganti susu di dalam teh, kopi, dan pemanggangan. Santan kelapa adalah bahan yang lazim digunakan di banyak hidangan tropis dan Asia untuk kari atau perisa, daging, sayur, hiasan, atau penutup. Nasi kelapa adalah beras yang dimasak di dalam santan kelapa yang dikonsumsi di Asia Tenggara dan Karibia. Nasi lemak adalah nasi kelapa versi Malaysia, hidangan serupa adalah nasi uduk di Indonesia. Santan kelapa juga digunakan di seluruh Asia untuk membuat serabi, panekuk khas Asia.

Di Brasil, santan kelapa banyak digunakan di kawasan timur-laut, umumnya dengan rebusan hidangan laut dan penutup. Di Kolombia dan Panama, parutan daging kelapa dan santan kelapa digunakan untuk membuat titoté yang manis. Di Venezuela, hidangan daging kelapa dipersiapkan dengan santan kelapa dan ikan cincang dalam hidangan yang disebut mojito en coco. Santan kelapa digunakan untuk membuat hidangan tradisional Venezuela seperti majarete, hidangan penutup khas Venezuela, dan arroz con coco, yang juga dikenal sebagai nasi beras.

Nilai GIZI 

Di dalam porsi 100 mili-liter (g), santan kelapa mengandung 230 kilokalori dan 68% air, 24% lemak keseluruhan, 6% karbohidrat, dan 2% protein (lihatlah tabel). Komposisi lemak terdiri dari 21 gram lemak jenuh, setengahnya adalah asam laurat.

Santan kelapa adalah sumber yang kaya (20% atau lebih dari Asupan Referensi Diet harian (disingkat DV)) akan mangan (44% DV) dan sumber yang cukup (10-19% DV) akan fosfor, zat besi, dan magnesium; tanpa zat gizi lain,

dengan begitu santan cukup terkenal di kalangan masyarakat. dengan ini kami membuat alat pembuat santan agar bisa digunakan untuk UKM atau untuk siapapun yang ingin mengolah santan dengan lebih mudah.

Kami menyediakan beberapa alat pemeras santan untuk mempermudah usaha anda

 

Related News

Usaha Pupuk Kompos Dan Pakan ternak, Santai Tapi Menghasilkan

Usaha Pupuk Kompos Dan Pakan ternak, Santai Tapi Menghasilkan

August 08, 2020
Memelihara hewan atau ternak adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan bosan dirumah atau untuk mengisi kegiatan. Setiap makhluk hidup mrmbutuhkan...
Manfaat Santan Untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan

Manfaat Santan Untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan

July 13, 2020
    Santan merupakan bumbu yang biasa ditambahkan didalam menu lebaran. Santan ini menambahkan kelezatan bagi makanan bukan? tetap...
Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

March 16, 2022
Cegah banjir dengan membuat sumur resapan Banjir Banjir adalah suatu keadaan dimana suatu daerah digenangi air yang berlebihan. Banjir dapat...