5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Keripik Buah - MadaniTec

Artikel Detail

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Keripik Buah

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Keripik Buah

source: paxels

Bagi orang Indonesia keripik adalah makanan ringan yang cukup populer. Aneka ragam keripik mulai keripik singkong, keripik kentang, keripik buah, keripik sayur, dan masih banyak lagi.

Nilai plus dari keripik adalah daya tahannya yang lama sehingga tidak perlu khawatir dengan masa simpan jika di awal produksi jumlah pembelian atau konsumen belum stabil.

Semua pengusaha menginginkan usahanya berjalan dengan lancar dan mendatangkan profit. Jika ingin usaha keripik singkong atau ubi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, salah satu bisnis yang belum banyak pemain besarnya adalah usaha keripik buah dan sayur.

Usaha keripik buah saat ini menjadi usaha yang prospektif, apalagi isu kesehatan yang makin sering diangkat menjadikan cemilan penuh nutrisi ini makin dicari oleh konsumen. Usaha keripik buah bisa dijalankan dengan memanfaatkan musim buah sehingga bahan baku mudah didapatkan dan tentunya lebih terjangkau. 

 

Modal Bisnis Keripik Buah dan Sayur

Modal yang dibutuhkan untuk bisa terjun dalam usaha keripik buah dan sayur terbilang cukup besar karena membutuhkan mesin pendukung yaitu mesin vacuum frying. Tanpa menggunakan mesin tersebut maka kualitas dan rasa keripik buah dan sayur yang dihasilkan kurang baik. 

Jika ingin memulai usaha keripik buah dan sayur, paling tidak harus menyiapkan modal 15 hingga 20 juta. Namun meskipun modal besar harga jual keripik buah dan sayur ini juga terbilang mahal, mulai dari 15 ribu per 100 gramnya atau 150 ribu per kilonya. Karena keuntungan yang didapat lumayan, tak heran jika bisnis keripik buah banyak mulai dilirik serta dijalankan banyak orang.

Bukan hanya produk dengan rasa yang enak, konsumen juga akan mendapatkan vitamin dari cemilan keripik yang dikonsumsi. Hal ini menjadi nilai tambah bagi pengusaha keripik buah. 

Sementara, kunci sukses dari bisnis keripik buah dan sayur ini terletak pada pemilihan bahan bakunya. Untuk itu, pilihlah buah dan sayur yang berkualitas, organik akan lebih baik. Jika memungkinkan, belilah langsung kepada petaninya. Prospek bisnis keripik buah cukup menjanjikan karena selain lezat, keripik buah juga baik untuk kesehatan.

 

Alasan Memulai Usaha Keripik Buah

 

1. Di Indonesia Banyak Jenis Buah yang Baik Untuk Kesehatan

Indonesia memiliki berbagai macam buah musiman yang cocok dijadikan keripik seperti: salak, apel, pisang, buah naga dan nangka. Kebanyakan petani hanya menjual buah dalam keadaan segar tanpa mengolahnya terlebih dahulu sehingga ini bisa anda jadikan alasan utama kenapa anda harus memulai usaha keripik buah ini.

 

2. Kebutuhan Konsumen Akan Makanan Ringan yang Sehat

Akhir-akhir ini banyak yang mengangkat isu tentang kesehatan tak terkecuali makanan sehat. Pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta bisa kita jadikan target market produk keripik buah dan sayur yang diproduksi, misalnya dengan mengangkat campaign “tetap sehat dengan kepraktisan”.

 

3. Mudah Dalam Memasarkan Keripik Buah

Dengan banyaknya channel sosial media dan marketplace yang ada, kita bisa memanfaatkannya sebagai media promosi. Misalnya dengan endorse influencer mikro atau affiliate marketing yaitu dengan memberikan komisi/ sebagian keuntungan saat terjadi proses pembelian. Bisa juga menggunakan sistem reseller atau dropshipper untuk meluaskan jangkauan market produk kita.

 

4. Mesin Produksi dan Pengolahannya Mudah

Untuk membuat keripik buah dan sayur harus menggunakan Mesin Vacuum Frying. Mesin vacuum frying merupakan mesin yang digunakan untuk menggoreng tanpa merubah warna dan rasa. Beberapa kelebihan menggoreng menggunakan vacuum frying diantaranya: 1) Penggunaan minyak lebih sedikit karena minimnya minyak yang diserap bahan yang digoreng dan 2) Produk lebih awet meskipun tidak menggunakan pengawet saat proses.

Saat ini mesin vacuum frying bisa dipesan di PT Madani Technology. Tak perlu takut jika belum bisa menggunakan mesin vacuum frying karena penggunaannya sangat mudah, intinya hanya perlu mengiris buah dalam ukuran yang anda inginkan kemudian masukkan ke dalam mesin dan mesin akan memproses nya secara otomatis.

 

5. Peluang Pasar Tinggi

Dengan menggunakan mesin vacuum frying sangatlah mungkin untuk produk kita bisa bersaing dengan para produsen keripik buah lain nya karena keripik buah yang dihasilkan kualitasnya sama.

Permintaan pasar akan keripik buah juga sangat tinggi baik di luar ataupun di dalam negeri sehingga ada peluang untuk ekspor juga.

 

Harga dan Spesifikasi Mesin Vacuum Frying

Dimensi : 180 x 90 x 150 cm
Kapasitas : 15 kg
Pemanas : LPG 2 Kompor

 

Informasi Pemesanan Mesin Vakuum Frying

Kantor : PT Madani Technology
Alamat :Kepuh Wetan, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
Whatsapp : 0812-1577-8768

 

Related News

Manfaat Arang Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Arang Yang Belum Banyak Diketahui

July 10, 2020
 Arang sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Hampir orang diseluruh belahan dunia semua menggunakan arang sebagai bahan bakar atau sebaga...
Peluang Usaha Bisnis Gorengan Dan Kiat Suksesnya

Peluang Usaha Bisnis Gorengan Dan Kiat Suksesnya

September 09, 2021
Siapa yang tidak suka makan gorengan? Nah, makanan ringan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi lidah kita.Peluang Usaha Bisnis Gorengan Da...
Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

January 28, 2021
Kalau Italia punya gelato, Indonesia juga punya sajian es yang disebut es puter. Es puter adalah es tradisional khas Indonesia yang berbahan dasa...