Apa itu TDS..? - MadaniTec

Artikel Detail

Apa Itu TDS..?

Apa Itu TDS..?

TDS (Total Dissolved Solid) atau Total Padatan Terlarut adalah jumlah total larutan padat yang terkandung dalam air yang kita konsumsi. Satuan biasanya miligram per liter (mg/l). Zat yang umum yang dapat ditemukan dalam air termasuk natrium (garam), kalsium, magnesium, kalium, karbonat, nitrat, bikarbonat, klorida dan sulfat. Dalam jumlah tertentu zat ini dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

 

Bagaimana padatan tersebut larut dalam air?

Air tanah mengandung tingkat padatan terlarut yang tinggi, karena air telah mengalir melalui batuan yang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Zat terlarut juga dapat berasal dari limbah khusus di daerah perkotaan.

 

Apa efek TDS yang tinggi terhadap kesehatan?

TDS tidak berpengaruh kesehatan selama air masih tawar (bukan asin) (sumber: http://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/chemicals/tds.pdf) Bahkan zat mineral dalam air dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Oleh karena itu WHO tidak keluarkan saran batas maksimal kader TDS dalam air. Amerika Serikat, Uni Eropa dan Kanada menilai TDS sebagai standar sekunder, atau yang kurang penting bagi kualitas air minum. TDS dianggap TDS sebagai faktor estetis (rasa) saja.

 

Apa masalah dengan TDS yang terlalu rendah?

Air dengan TDS 0 mempunyai kadar mineral yang mendekati nol. Sedangkan tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang terdapat dalam air. Air yang tidak mengandung kadar mineral, berarti air tersebut tidak alami sehingga badan kita akan sulit untuk menyerap air tersebut. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), dengan meminum air tanpa mineral (seperti air yang diolah oleh RO (Reverse Osmosis)) bisa mengakibatkan beberapa hal ini pada tubuh manusia yang mengkonsumsinya, diantaranya:

  • Kekurangan kadar kalium dalam badan, dimana tanpa kalium saraf tidak berfungsi.
  • Kekurangan zat kalsium (Ca), akan menyebabkan gejala sebagai berikut : banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, Susah buang air, insomnia (susah tidur), kram, dan sebagainya.
  • Kekurangan kadar Magnesium (Mg), dimana kekurangan magnesium dapat memicu: kekakuan atau kejang pada salah satu pembuluh koroner arteri, sehingga mengganggu peredaran darah dan dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Sering buang air kecil dan dalam jumlah yang banyak karena badan kita tidak bisa menyerap air yang tidak mengandung mineral.
  • Kurangnya kemampuan tubuh memproduksi darah.
  • Menurut organisasi kesehatan dunia, sebaiknya air memiliki TDS di-atas 100.

 

Apa efek TDS terhadap rasa air?

Dalam sebuah studi oleh World Health Organisation, sebuah kelompok panel tasters berkesimpulan sebagai berikut mengenai tingkat lebih baik dari TDS dalam air:

 

Tingkat TDS (miligram per liter) Penilaian
Kurang dari 300 Bagus sekali
300 - 600 Baik
600 - 900 Bisa diminum
900 - 1.200 Kurang enak
900 - 1.200 Tidak dapat diterima


http://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/chemicals/tds.pdf
Namun, banyak orang kurang menyukai rasa air dengan TDS yang sangat rendah. Peningkatan konsentrasi padatan terlarut juga dapat memiliki efek teknis.

 

Efek lain dari TDS yang tinggi (lebih dari 500 mg/l)

Padatan terlarut dapat menghasilkan air dengan kesadahan/kekerasan tinggi, yang meninggalkan endapan pada peralatan rumah tangga, pipa air dan lain-lain. Sabun dan detergen kurang menghasilkan busa yang banyak apabila TDS terlalu tinggi.
Namun, walaupun TDS sendiri mungkin hanya faktor estetis (rasa) dan teknis, konsentrasi tinggi TDS adalah indikator bahwa kontaminan berbahaya, seperti zat sulfat dan bromida arsenik juga dapat hadir di dalam air. Hal ini terutama berlaku bila air terkontaminasi dengan limbah dari kegiatan manusia seperti industri dan perbengkelan. Oleh karena itu WHO menyarankan untuk menguji air di laboratorium jika TDS lebih dari 1000 mg/l.

 

Bagaimana menurunkan TDS?

  • Reverse osmosis : TDS bisa diturunkan dari air dengan menggunakan metode Reverse Osmosis. Reverse osmosis menghilangkan hampir semua terlarut zat, termasuk mineral berbahaya, dan juga mineral sehat seperti kalsium dan magnesium.
  • Menggunakan air hujan : Air hujan memiliki TDS yang rendah. Bisa juga yang dilakukan adalah mencampur air hujan dengan air sumur.

Madanitec siap melakukan instalasi pemasangan untuk konsumsi rumah tangga bisa juga untuk usaha. Kami juga menyediakan berbagai produk filter air.

 

 

Related News

Usaha Makanan: Usaha Dibidang Makanan Ringan Yang Laris Dan Murah

Usaha Makanan: Usaha Dibidang Makanan Ringan Yang Laris Dan Murah

May 30, 2017
Bingung usaha apa ? Ada beberapa alternatif usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, pelajar, atau pegawai sekalipun. Langsung simak pembah...
CARA MEMBUAT BIOPORI

CARA MEMBUAT BIOPORI

February 15, 2020
Apa itu BIOPORI? Biopori (bio pore) adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme. Pergerakan cacing tana...
Lama Saat Cetak Bakso? Ini Solusi Untuk Mempercepat Cetak bakso!

Lama Saat Cetak Bakso? Ini Solusi Untuk Mempercepat Cetak bakso!

May 28, 2021
Usaha bakso adalah bisnis yang menggiurkan. Dimasa pandemi, usaha bakso menjadi primadona, selain tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi, proses pemb...