CARA MEMBUAT BIOPORI - MadaniTec

Artikel Detail

CARA MEMBUAT BIOPORI

CARA MEMBUAT BIOPORI

Apa itu BIOPORI?

Biopori (bio pore) adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme. Pergerakan cacing tanah, rayap, dan fauna lain yang hidup di dalam tanah. Aktivitas organisme lainnya adalah pertumbuhan akar tanaman dan tumbuhan. Lubang-lubang ini akan menjadi tempat mengalirnya air hujan ke dalam tanah. Biopori adalah cara alam menjaga daya serap tanah.

 

Konsep Biopori ini kemudian diadaptasi untuk meningkatkan daya serap air hujan pada tanah untuk membantu mengatasi banjir. Gagasan ini dicetuskan oleh seorang peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB): Ir. Kamir R. Brata, MSc.

 

Gagasannya adalah membuat lubang pada tanah dengan diameter 10 hingga 15 cm dengan kedalaman sekitar 100 hingga 120 cm, tetapi tidak sampai melampaui kedalaman permukaan air tanah. Mulut lubang diberi adukan semen untuk mencegah guguran tanah yang akan menutup lubang.

 

Lubang tersebut diisi dengan sampah organik yang akan mengundang organisme tanah. Organisme tanah ini akan mengolah sampah organik menjadi kompos yang dapat menyuburkan tanah. Hasil penguraian sampah ini juga menghasilkan mineral-mineral yang baik untuk kesehatan terlarut ke dalam air tanah.

 

Organisme tanah mencapai sampah organik dengan membuat jalur-jalur di dalam tanah di sekitar biopori buatan tersebut. Jalur-jalur ini akan membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah.

 

Biopori buatan ini dibuat sebanyak 10 lubang untuk setiap 50 meter persegi luas lahan, dengan jarak antar lubang sekitar 50 hingga 100 cm.

 

Jadi, secara logika pemahaman sederhana, Biopori buatan ini menggunakan  bantuan organisme tanah untuk dapat berfungsi dengan optimal untuk dapat meresapkan air ke dalam tanah serta sekaligus membantu menyuburkan tanah dan meningkatkan kualitas air tanah.

Nahhh! Sekarang cara membuat BIOPORI

Dengan biopori, kita memperbaiki kualitas tanah dan air tanah. Sedangkan sumur resapan memperbaiki kuantitas air tanah sebagai cadangan di waktu kemarau.

Untuk membuat biopori, ada beberapa peralatan yang kita perlu siapkan, antara lain:

  1. Bor Tanah manual.
  2. Pipa PVC berdiameter 10 – 15 cm dan panjang 100 – 120 cm. Beri lubang-lubang di sepanjang permukaan dinding pipa. Lubang-lubang ini akan memberikan jalan bagi organisme di dalam tanah yang akan membantu mengurai sampah organik.
  3. Tutup pipa PVC. Jangan lupa memberi lubang-lubang pada permukaan atasnya.
  4. Sedikit adukan semen
  5. Air secukupnya, untuk adukan semen dan untuk membasahi area yang akan dilubangi.
  6. Sampah organik (daun-daun kering atau rumput kering)

 

Sekarang mari kita bahas cara membuat Biopori:

  1. Tentukan lokasi untuk Biopori. Perlu dicatat bahwa Biopori ini dibuat sebanyak 10 lubang untuk setiap 50 meter persegi luas lahan, dengan jarak antar lubang sekitar 50 hingga 100 cm.
  2. Sebelum digali, sirami lokasi tersebut dengan air supaya lebih empuk saat dilubangi dengan bor tanah.
  3. Lubangi tanah dengan diameter 10 hingga 15 cm dengan kedalaman sekitar 100 hingga 120 cm, tetapi tidak sampai melampaui kedalaman permukaan air tanah. Gunakan linggis, jika terdapat batuan keras.

  1. Masukan pipa PVC yang sudah dilubangi permukaan dinding pipanya. Pipa ini akan melapisi lubang yang kita buat agar mencegah guguran tanah yang akan menutup lubang. Sisakan ujung pipa sepanjang sekitar 5 cm di atas permukaan tanah supaya dapat dipasangi tutup.
  2. Mulut lubang diberi adukan semen untuk mencegah guguran tanah yang akan menutup lubang dan mengikat pipa PVC pada tempatnya.
  3. Masukan sampah organik. Biarkan selama sekitar 3 bulan. Setelah itu sampah organik tersebut sudah berubah menjadi kompos. Keluarkan kompos tesebut dan gunakan sebagai pupuk tanaman. Masukan sampah organik lain ke dalam lubang biopori.
  4. Pasang tutup pipa PVC pada ujung pipa PVC yang tersisa di atas permukaan tanah.

 

Kami membuat semua alat untuk membaut biopori

biopori U Dan biopori Spiral Atau Putar

biopori - Pelubang Tanah Lepasan

Tutup Lubang biopori Aluminium

 

Untuk pemesanan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Related News

Ternyata, Spinner Peniris Minyak Ini Banyak Manfaatnya

Ternyata, Spinner Peniris Minyak Ini Banyak Manfaatnya

October 20, 2023
  Spinner adalah mesin yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak dan air pada jenis makanan tertentu. Spinner sangat membantu pemilik usaha...
Komposter Untuk Memanfaatkan Sampah

Komposter Untuk Memanfaatkan Sampah

February 10, 2020
Manfaat Kompos Kompos memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk me...
Kebutuhan Air Minum Bagi Tubuh

Kebutuhan Air Minum Bagi Tubuh

February 27, 2019
Air merupakan unsur yang berfungsi penting bagi kesehatan tubuh. Organ-organ dalam tubuh kita juga hampir sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena...