Fungsi Mesin Pencacah Rumput Chopper untuk Pemilik Ternak - MadaniTec

Artikel Detail

Fungsi Mesin Pencacah Rumput (Chopper)

Fungsi Mesin Pencacah Rumput (Chopper)

Mesin Pencacah Rumput untuk Pakan Ternak

 

Chopper adalah mesin yang digunakan untuk merajang rumput rumputan yang sebagai bahan pakan ternak. Selain itu juga dapat pula digunakan untuk merajang daun-daunan hijau lainnya, seperti merajang daun nilam, jerami.

Mesin ini sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk merajang rumput saja, tetapi juga mampu merajang dedaunan kecil untuk pakan ternak ataupun kompos sehingga ternak Anda bisa mencerna makanan dengan mudah. Apalagi peternakan besar, pasti memerlukan mesin ini. Rumput atau dedaunan akan dipotong menjadi ukuran yang paling kecil dan halus.  Pekerjaan peternak ataupun usaha lain akan semakin mudah dengan menggunakan mesin perajang ini.

 

Tujuan Mencacah Hijauan untuk Pakan Ternak

 

1. Menghindari sisa hijauan

Jika peternak memberi rumput tanpa dicacah terlebih dahulu, kemungkinan besar hewan ternak hanya memakan bagian pucuknya saja dan menyisakan daun bagian bawah. Untuk menghindari hal tersebut, maka akan lebih baik jika pakan yang diberikan dicacah terlebih dahulu.

 

2. Membantu proses pencernaan

Sapi dan kambing adalah hewan ruminansia yang cirinya memamah dengan cepat. Sapi akan memamah kembali makanan yang ada di lambung untuk diteruskan ke proses pencernaan selanjutnya. Memberi pakan ternak yang sudah dicacah akan membantu proses pencernaan hewan ternak.

 

3. Menghindari ternak pilih-pilih makanan

Seringkali peternak harus mencampur pakan hijauan dan pakan konsentrat. Mencampur hijauan yang sudah dicacah dengan konsentrat akan mengurangi resiko ternak pilih-pilih makanan atau tidak ratanya konsumsi makan pada ternak.

 

4. Mencegah kembung/ bloat

Kadar air yang berlebihan pada pakan bisa mengakibatkan kembung hewan ternak. Melakukan pencacahan pada pakan bisa mengurangi resiko tersebut karena pakan yang dicacah akan berkurang kadar airnya.

 

5. Memperpanjang masa simpan

Saat musim kemarau, rumput hijauan tidak bisa tumbuh maksimal. Untuk menyiasati hal tersebut peternak biasanya membuat silase hijauan, yaitu melakukan fermentasi pada rumput hijau agar kandungan airnya tidak berkurang dan memiliki masa simpan lebih lama. Namun, sebelum membuat silase, rumput hijauan harus dicacah terlebih dahulu untuk memaksimalkan proses fermentasi.

Baca juga : Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

 

Apa Saja Fungsi Mesin Pencacah Rumput Atau Mesin Chopper?

1. Mesin ini berfungsi untuk merajang, memotong, atau mencacah rumput sehingga rumput akan menjadi ukuran yang lebih kecil. Rumput tersebut biasanya akan digunakan untuk makanan ternak atau sebagai bahan untuk membuat kompos organik.

2. Mesin ini berfungsi untuk mencacah daun-daun yang biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan pupuk alami.

 

Mesin Pencacah Daun

 

Dimensi : 85 x 70 x 80 cm
Kapasitas : 200 kg/jam
Penggerak : Bensin 5,5PK

Baca juga: Jenis Mesin Pencacah lainnya

 

Perawatan Mesin Pencacah Jerami

Cara untuk merawat mesin ini sebenarnya cukup mudah karena mesin ini hanya perlu digunakan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki agar tidak mengalami kerusakan. Jangan memasukkan rumput melebihi kapasitas yang mampu dirajang oleh mesin ini. Selain itu, mesin harus dibersihkan dari sisa rumput yang menempel setelah digunakan untuk merajang agar sisa kotoran rumput atau daun basah tidak mengganggu kerja mesin.Dengan menggunakan mesin ini, sebenarnya Anda bisa membuka usaha ternak atau pembuatan kompos organik.

Rumput yang sudah dicacah dapat digunakan untuk bahan kompos alami atau bisa juga untuk makanan ternak sehingga Anda lebih mudah dalam memberi makanan untuk hewan ternak. Hewan ternak tidak dapat mengonsumsi rumput dengan ukuran yang masih besar, jadi Anda memerlukan mesin perajang ini untuk menghaluskan rumput sehingga lebih mudah untuk dimakan hewan ternak yang Anda miliki.

 

Informasi Pemesanan Mesin Pencacah Daun 

Kantor : PT Madani Technology
Alamat : Kepuh Wetan, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
Whatsapp : 0812-1577-8768

 

Related News

9 Jenis Dan Harga Sapi Potong Favorit Peternak Indonesia

9 Jenis Dan Harga Sapi Potong Favorit Peternak Indonesia

September 16, 2023
Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ternak sapi adalah memilih jenis sapi potong yang sesuai dengan tujuan beternak. Bisa dis...
Cara Mengoperasikan Mesin Press Kardus

Cara Mengoperasikan Mesin Press Kardus

October 10, 2023
  Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan mesin press hidrolik. Selain itu, akan dibahas pula jenis mesin press kardus yang d...
Mesin Rotary Composter Manual

Mesin Rotary Composter Manual

January 08, 2020
Semakin berkurangnya Lahan Pedesaan dan Perkotaan saat ini membuat Masyarakat merasa kesulitan untuk menampung sampah-sampah rumah tangga seperti Sisa...