Penyebab Keripik Singkong Tengik dan Solusinya - MadaniTec

Artikel Detail

Penyebab Keripik Singkong Tengik Dan Solusinya

Penyebab Keripik Singkong Tengik Dan Solusinya

Salah satu masalah yang mungkin dialami pemilik usaha keripik adalah produknya yang tengik dan tidak tahan lama. Hal ini tentu saja menyebabkan kerugian, baik secara materiil karena produk tidak bisa dijual, maupun non materiil yaitu dari segi waktu.

Artikel kali ini akan membahas penyebab keripik singkong tengik dan bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

 

Penyebab Keripik Singkong Tengik dan Solusinya

Ketengikan adalah ketika makanan memburuk dan menjadi tidak aman untuk dikonsumsi, mengubah aroma dan  rasanya. Ini sering ditemukan pada makanan berminyak seperti keripik pisang, keripik singkong, baasreng, keripik usus, dan berbagai macam keripik lainnya. Penyebab ketengikan adalah kontak yang lama antara minyak pada makanan dan udara.

 

Berikut Penyebab Keripik Singkong Tengik:

 

1. Dimasak pada titik asap

Minyak kelapa sawit yang digunakan untuk menggoreng akan rusak jika sudah mencapai titik asap di 232 derajat. Titik asap adalah temperature ketika minyak menguapkan senyawa volatil dan memberikan penampakan asap yang jelas. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi kualitas minyak, tetapi juga pada makanan yang digoreng yang akan berbau sangit.

 

2. Menggunakan minyak goreng yang sama berulang kali

Hindari penggunaan minyak goreng berulang kali karena akan merubah rasa makanan atau keripik yang sedang digoreng. Gunakan minyak goreng maksimal 3 kali untuk menjaga kualitas keripik yang kita produksi.

 

3. Penggunaan bumbu cair

hal yang kurang diperhatikan jadi sebab ketengikan pada keripik adalah digoreng dengan  bumbu cair. Ini karena bumbu cair mengandung garam. Pada dasarnya, garamlah yang merusak makanan ketika bertemu dengan minyak panas. Oleh karena itu,  sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan bumbu cair sebagai bumbu keripik.

 

4. Pembungkus tidak kedap udara

Keripik setelah diolah tidak disimpan didalam wadah yang kedap udara akan rusak kualitasnya, salah satunya keripik akan tengik karena keripik teroksidasi dengan udara. 

 

5. Penirisan minyak yang kurang sempurna

Ini adalah alasan yang paling sering dialami, terutama oleh pemilik usaha keripik yaitu penirisan minyak yang kurang sempurna. Tidak hanya menyebabkan keripik tengik,


Tips Pencegahan agar Keripik Singkong Tidak Tengik

Bagi pemilik usaha keripik, abon, maupun produk yang digoreng lainnya pasti menginginkan produk yang dihasilkan lebih renyah dan tidak tengik meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Permasalahan yang berasal dari penirisan minyak yang kurang sempurna, bisa diatasi dengan mesin spinner peniris minyak.

Mesin ini dapat meniriskan baik minyak maupun air pada makanan secara optimal tanpa merusak tekstur produk. Cara kerjanya sama seperti pengering pada mesin cuci, yaitu diputar dengan kecepatan tertentu dan minyak akan keluar dari pipa yang yang yang tersedia.

 

Spesifikasi Mesin Peniris Minyak 

Dimensi tabung : 55 x 34 x 60 cm
Kapasitas : 14 Liter
Penggerak : dinamo 1/4 PK

Untuk melihat spinner ukuran lain, baca juga: Peniris Minyak Harga Terjangkau

 

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin Peniris Minyak

Kantor : PT Madani Technology
Alamat : Kepuh Wetan, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
Whatsapp : 0812-1577-8768

 

Related News

Perlu Di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Perlu Di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdamp...

February 17, 2023
Makanan Goreng itu yang seperti apa ??? Makanan berminyak seperti kentang goreng, gorengan, keripik, ayam crispy, atau burger, memang nikmat....
Steamer Dan Boiler Stainless Steel

Steamer Dan Boiler Stainless Steel

January 19, 2017
Steamer dan Boiler Stainless Steel Madani Teknologi Steamer dan Boiler Stainless Steel Madani Teknologi. Dalam skala kecil, pengguna...
Analisa Peluang Usaha Jamur Tiram Modal Kecil Untung Lumayan

Analisa Peluang Usaha Jamur Tiram Modal Kecil Untung Lumayan

September 23, 2023
  Usaha jamur tiram termasuk usaha modal kecil untung lumayan. Biaya budidaya jamur tiram bisa kurang dari 10 juta, apalagi kalau ingin memula...