Perlu di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan - MadaniTec

Artikel Detail

  • Home
  • Artikel
  • Umum
  • Perlu Di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Perlu Di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Perlu Di Perhatikan Minyak Yang Berlebihan Pada Gorengan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Makanan Goreng itu yang seperti apa ???

Makanan berminyak seperti kentang goreng, gorengan, keripik, ayam crispy, atau burger, memang nikmat. Namun, makanan-makanan tersebut dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan, terutama jika Anda mengonsumsinya terlalu sering.

Lemak jenuh yang terkandung pada makanan berminyak memang tidak secara langsung membuat gula darah melonjak, akan tetapi meningkatnya kadar kolesterol yang dihasilkan oleh lemak tersebut dapat menyebabkan resistensi insulin.

Berikut Efek Samping Dari Pada Mengkonsumsi Minyak Berlebihan

Ahli gizi teregistrasi dari Boston, Ayla Barmmer menyebutkan beberapa risiko kesehatan yang mungkin dialami oleh seseorang yang terlalu sering makan makanan berminyak, di antaranya: 

1. Membebani sistem pencernaan 

Barmmer menjelaskan kepada TIME, jika sering makan makanan berminyak, volume lemak yang banyak akan memberikan banyak tekanan pada sistem pencernaan kita.  Di antara gizi makro, lemak adalah yang paling lambat dicerna, serta memerlukan enzim dan cairan pencernaan, seperti empedu dan asam lambung, untuk memecahnya.  Sejumlah faktor, seperti stres dan pengobatan, dapat dapat menurunkan kadar cairan pencernaan ini sehingga banyak orang pada awalnya kekurangan.  Dengan tambahan lemak, sistem pencernaan akan bekerja lebih banyak dan kondisi ini sering menyebabkan kembung, mual dan ketidaknyamanan. 

2. Sering ke kamar mandi 

Gejala ketegangan pencernaan yang paling umum dapat membuat kita jadi sering ke kamar mandi.  "Makanan tidak hanya akan berdiam di perut, tapi mungkin masuk ke usus dan dicerna secara tidak memadai," kata Barmmer.  "Terkadang kotoran kita bisa terlihat berminyak." Banyak orang juga akan mengalami diare dan sakit perut setelah banyak makan makanan berminyak. 

3. Membuang bakteri usus 

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa apa yang kita makan dapat mempengaruhi bakteri usus, yang juga dikenal sebagai mikrobioma.  Terlalu banyak makan makanan berminyak sama sekali tidak menguntungkan mikroorganisme tersebut.  "Makanan berminyak tidak mengandung lemak bergizi dan sehat seperti yang kita temukan dalam alpukat, ikan, minyak zaitun extra virgin dan bahkan mentega,” katanya.  Makan terlalu banyak makanan olahan yang berminyak dapat mengganggu keseimbangan asam lemak tubuh, yang pada akhirnya dapat membuang segalanya mulai dari tingkat hormon hingga kekebalan tubuh. 

4. Menyebabkan jerawat 

Mungkin jerawat memang tidak langsung muncul segera setelah Anda makan makanan berminyak, tetapi Barmmer menjelaskan bahwa makanan tersebut memiliki peran besar terhadap munculnya jerawat.  "Efeknya tidak langsung, tapi terjadi seiring berjalannya waktu dan sebagai akibat dari pola makan," katanya.  Jerawat sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan/atau ketidakseimbangan bakteri, jadi makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat dengan cara merusak kesehatan usus. 

5. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes 

Jika secara rutin kamu banyak mengonsumsi makanan berminyak, kemungkinan besar akan terjadi peningkatan risiko kondisi kronis, terutama penyakit jantung.  Sebuah penelitian tahun 2014 yang dilakukan para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan, orang yang makan gorengan 4-6 kali per minggu memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 39 persen, dan risiko penyakit jantung koroner meningkat sebesar 23 persen.  Sementara bagi orang yang memakannya setiap hari, persentasenya semakin tinggi. 

Tentu Anda tidak ingin mengalami salah satu atau lebih kondisi di atas gara-gara mengomsumsi makanan berminyak terlalu banyak.  Jadi, idealnya batasi makanan berminyak mulai dari sekarang dan seimbangkan dengan makanan sehat, seperti sayur dan buah, lemak sehat, protein, hingga serat.

 

Berikut Tips mengurangi minyak pada makanan yang di goreng

1. Gunakan Penggorengan dalam Keadaan Bersih

Jika kamu menggunakan wajan yang belum dicuci, maka minyak yang ada disana akan terbakar lebih cepat. 

Meskipun tidak dapat dilihat, akan tetapi partikel minyak yang kotor akan lebih mudah bersatu sehingga makanan akan lebih berminyak.

Jadi, pastikan saat saat selesai memasak seluruh peralatan memasak harus dicuci sampai benar-benar bersih, tanpa ada sisa minyak yang menempel di permukaannya.

2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Tepung

Jenis makanan apapun yang dapat dibalut dengan tepung lalu digoreng memang sangat enak. 

Namun, perlu diketahui bahwa makanan yang beradonan tepung kental akan membuat minyak terserap lebih banyak ke dalamnya. 

Maka dari itu, buatlah adonan yang tidak terlalu tebal agar semakin sedikit minyak yang digunakan.

3. Gunakan Minyak Seperlunya

Selama proses menggoreng makanan, hindari untuk menuangkan minyak terlalu banyak. Selain tidak bagus untuk kesehatan, namun hal ini juga bisa membuat minyak lebih boros dan cepat habis. 

Bila memasak dalam jumlah sedikit, Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak saja. Cara alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air fryer yang merupakan salah satu teknologi modern dalam dunia memasak.

Penggunaan air fryer dalam meminimalisir penggunaan minyak berlebih namun tetap dapat membuat makanan matang lebih cepat dan merata.

 

4. Gunakan Tisu Penyerap Minyak

Begitu kamu selesai menggoreng makanan, segera tiriskan dengan cara meniriskan makanan hingga benar-benar kering, sehingga bisa mengurangi minyak yang terserap ke dalam makanan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tisu penyerap minyak untuk proses filter lanjutan, sehingga makanan yang digoreng benar-benar sudah kering dan tidak berminyak.

Lepas itu, letakkan makanan di beberapa kertas tisu agar minyak menyerap. Setelah itu dapat kamu makan tanpa khawatir minyak berlebih.

 

5. Menggunakan Spinner (Peniris Minyak) 

Alat ini banyak digunakan di home industri terutama industri rumahan produsen keripik yang memproduksi berbagai macam jenis keripik dan makanan ringan. Banyaknya permintaan konsumen yang mengeluhkan proses produksi yang kurang efektif dan efisien, sehingga kami merancang alat peniris minyak atau spiner tersebut guna memenuhi permintaan alat yang tepat guna tersebut. Mesin spinner peniris minyak mini berguna untuk meniriskan abon, bawang goreng dan jenis makanan yang digoreng lainnya. hubungi atau bisa cek halaman kami https://madanitec.com/product/spinner-peniris-minyak-tersedia-ukuran-5-liter-9-5-liter-12-liter-dan-75-liter

 

Related News

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

March 02, 2021
Zaman sekarang, uang dari penghasilan utama saja tidak terlalu cukup untuk kehidupan sehari-hari. Kalau kamu menginginkan adanya uang sisa dari pen...
Mesin Baglog Untuk Budidaya Jamur Tiram Madani Technology

Mesin Baglog Untuk Budidaya Jamur Tiram Madani Technology

September 25, 2023
  Saat mulai budidaya jamur, hal yang paling krusial untuk dipersiapkan adalah Baglog. Bagi yang ingin memproduksi baglog sendiri dan dalam ju...
Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

January 28, 2021
Kalau Italia punya gelato, Indonesia juga punya sajian es yang disebut es puter. Es puter adalah es tradisional khas Indonesia yang berbahan dasa...