Steamer dan Boiler Stainless Steel - MadaniTec

Artikel Detail

Steamer Dan Boiler Stainless Steel

Steamer Dan Boiler Stainless Steel

Steamer dan Boiler Stainless Steel Madani Teknologi

Steamer dan Boiler Stainless Steel Madani Teknologi. Dalam skala kecil, penggunaan steamer lebih diperuntukkan untuk kebutuhan rumah tangga. Secara singkat, steamer dapat diartikan sebagai proses pengukus. Sedangkan boiler merupakan seperangkat sistem pemanas yang digunakan dalam steamer.Steamer dalam skala rumah tangga dapat difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti mengukus makanan atau sekedar menghangatkan. Penggunaan steamer dengan suhu relatif tinggi akan menghasilkan tulang menjadi lunak, atau yang biasa disebut presto dalam istilah kuliner.

Penggunaan boiler dengan yang berbahan dasar alumunium akan memberikan keuntungan tersendiri. Terlebih jika dibandingkan dengan boiler yang berbahan dasar logam atau besi. Peralatan stainless steel biasanya dilapisi dengan pelindung anti karat pada permukaanya, sehingga akan menjadi lebih tahan lama. Secara harafiah, boiler dapat diartikan sebagai tungku pemanas untuk menghasilkan uap. Selain uap, boiler juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembangkit listrik, pemanas air dan lainnya.

Jenis boiler berdasarkan kegunaannya :

Pada saat ini, steamer dan boiler menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karenanya, berdasarkan fungsi dan kegunaannya boiler dapat dapat dikategotikan beberapa macam. Berbagai bentuk boiler terus berkembang dan berubah, hal ini tidak terlepas dari berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan.

Power Boiler

Jenis boiler seperti ini biasanya digunakan untuk skala produksi. Dalam hal ini, power boiler digunakan untuk memproduksi steam dengan kapasitas yang besar. Salah satu kegunaan power boiler dalam skala produksi adalah pembangkit listrik tenaga uap. Power boiler akan menghasilkan steam atau uap dalam skala besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Industrial Boiler

Lain halnya dengan power boiler, industrial boiler penggunaannya lebih dikhususkan dalam skala industri. Secara dimensi ukuran, industrial boiler tidak jauh berbeda dengan power boiler untuk skala produksi. Perbedaan yang mungkin terlihat adalah tekanan yang dihasilkan oleh alat tersebut. Industrial boiler biasanya digunakan untuk menjalankan proses industri tersebut dan menghasilkan pemanas.

Commercial Boiler

Jenis ini merupakan boiler yang dapat dikomersilkan. Berbeda dengan kedua jenis boiler di atas yang harus melalui pemesanan untuk membeli, jenis commercial boiler biasanya terdapat di sejumlah toko tertentu. Secara fungsi, commercial boiler biasa digunakan untuk menghasilkan air panas atau uap. Juga, commercial boiler sering kali dimanfaatkan dalam menjalankan operasi komersial.

Residental Boiler

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari jenis boiler ini adalah pada skala rumah tangga. Residental boiler paling banyak digunakan untuk menghasilkan uap panas atau pemanas air. Berbeda sekali dengan jenis boiler lain, residental boiler merupakan alat steamer dengan tekanan rendah. Hal ini dikarenakan penggunaannya biasanya bersentuhan langsung dengan manusia.

Heat Recovery Boiler

Jenis ini sebenarnya merupakan limbah dari uap panas yang dihasilkan dari power boiler ataupun industrial boiler. Heat recovery boiler paling sering dijumpai dalam pabrik maupun industri tertentu. Meskipun dinilai sebagai limbah, heat recovery bolier ternyata masih mempunyai manfaat, yaitu untuk mendukung proses industri.

Pada dasarnya, semua jenis boiler tersebut menggunakan prinsip kerja yang hampir sama, yaitu menggunakan fire tube boiler dan water tube boiler. Secara sederhana, fire tube boiler lebih diperuntukkan penggunaannya untuk menghasilkan steam dengan tekanan rendah. Sedangkan water tube boiler menghasilkan steam dengan tekanan yang sangat tinggi. Pada fire tube boiler, ukuran dan kontruksi boiler akan sangat berpengaruh terhadap tekanan yang dihasilkan. Di sisi lain, water tube boiler menggunakan kontruksi yang rumit. Hal ini memang bertujuan untuk menghasilkan uap dengan tekanan yang sangat tinggi.

Related News

Cara Membuat Biopori Sederhana Untuk Resapan Air Dan Kompos

Cara Membuat Biopori Sederhana Untuk Resapan Air Dan Kompos

September 30, 2023
Mengenal Lubang Biopori Biopori adalah lubang vertikal yang dibuat di tanah dan digunakan sebagai resapan air. Biasanya lubang resapan biopori memi...
Mesin Giling Tanah Untuk Batu Bata, Genteng Dan Kerajinan Gerabah

Mesin Giling Tanah Untuk Batu Bata, Genteng Dan Kerajinan Gerabah

September 04, 2023
Kebutuhan Mesin Giling Tanah Liat Tidak hanya membutuhkan mesin pemutar gerabah, pengrajin gerabah pun membutuhkan mesin giling tanah untuk meningk...
Sejarah Es Krim

Sejarah Es Krim

March 22, 2017
Es krim merupakan panganan yang unik dengan kekhasnnya dan disukai banyak kalangan. Pada masa penemuannya es krim memilik sejarah yang panjang. Sejara...