Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi - “MadaniTec siap melayani Anda sepenuhnya”

Artikel Detail

Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

Air yang kita gunakan sehari-hari baik untuk keperluan mandi, mencuci atau MCK haruslah memenuhi standar baku mutu air bersih. Air sumur yang bersih adalah air yang memiliki kriteria Tidak berwarna, Rasanya tawar, Air jernih atau tidak keruh, Tidak berbau, Tidak mengandung zat kimia beracun, Tidak mengandung bakteri dan Kesadahannya rendah.  Tidak semua tempat dimuka bumi menyediakan air bersih. Terkadang kita menemukan dua sumur yang berdekatan namun memiliki kualitas air yang berbeda, yang satu bening dan bersih dan yang satunya air mengandung zat besi dan berbau bahkan keruh.

-Tes air yang Mengandung Fe-

Tidak semua air sumur sudah memenuhi standar, Menurut Permenkes
Nomor: 416/MENKES/PER/IX/1990
tentang persyaratan kualitas air bersih, kandungan zat besi (Fe) dalam air maksimum adalah 1,0 mg/L.  

Nomor: 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, kandungan zat besi  (Fe) dalam air maksimum adalah 0,3 mg/L.

 

Cara mengetahui air mengandung zat besi tinggi

Mengndapkan air didalam bak atau penampungan air jika air yang diendapkan tidak berbau besi dan berwarna kuning maka kwalitas airnya cukup baik. Air yang mengandung besi biasanya jernih saat diambil, namun setelah didiamkan akan berubah menjadi kuning atau keruh karena terdapat butiran-butiran kecil, dimana jika didiamkan butiran tersebut akan mengendap ke dasar penampungan air. Lama perubahan air tergantung dari kadar besinya, semakin tinggi kadar besi, maka semakin banyak endapan dan semakin kuning warnanya. Air yang mengandung besi juga biasanya berbau seperti bau besi atau tanah, dan terasa licin.

 

Masalah dan Bahaya air mengandung zat besi tinggi

Dalam keseharian

Endapan febersifat korosif terhadap pipa besi dan akan mengendap pada saluran pipa, sehingga mengakibatkan penyumbatan. Air akan menjadi keruh, berbau, dan menimbulkan rasa anyir sehingga tidak dapat digunakan untuk dikonsumsi atau digunakan untuk sehari-hari. Serta Menyebakan rusaknya warna kain seperti menimbulkan noda-noda kuning kecoklatan pada peralatan dan pakaian yang kita cuci.

Bagi kesehatan

Senyawa besi dalam jumlah kecil di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah, tetapi zat Fe yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti keracunan dimana terjadi muntah, kerusakan usus, penuaan dini hingga kematian mendadak, radang sendi, cacat lahir, gusi berdarah, kanker, cardiomyopathies, sirosis ginjal, sembelit, diabetes, diare, kulit kehitam–hitaman, sakit kepala, gagal hati, hepatitis, hiperaktif, hipertensi, infeksi.

 

Cara Mengatasi Air mengandung zat besi (FE)

Salah satu cara untuk menangani masalah air yang menggandung zat besi atau Fe tinggi adalah dengan dilakukannya penyaringan air sebelum dipakai menggunakan Filter Air.

 

Related News

Proses Uji Mesin Pencacah (Chopper)-Menuju Sni

Proses Uji Mesin Pencacah (Chopper)-Menuju Sni

March 08, 2019
Melihat pentingnya manfaat SNI, kami melakukan pengajuan SNI untuk salah satu produk kami yaitu mesin pencacah (chopper). Proses demi proses kami lalu...
Khasiat Santan:  6 Khasiat Santan Kelapa Untuk Tubuh Sehat Dan Cantik

Khasiat Santan: 6 Khasiat Santan Kelapa Untuk Tubuh Sehat Dan Cantik

May 22, 2017
Ya, santan kelapa yang biasa untuk bahan makanan terutama memasak untuk ibu rumahan. Walapun sering digunakan sebagai bahan membuat es krim rumahan ju...
Pelatihan Merintis Usaha Es Puter Untuk Rumah Tangga Dan Ukm

Pelatihan Merintis Usaha Es Puter Untuk Rumah Tangga Dan Ukm

October 09, 2017
Salah satu kendala yang dihadapi sebagian besar pelaku pemula UMKM di Indonesia. Umumnya mereka tidak mengerti akan memulai usaha apa dan memilih prod...