Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi - MadaniTec

Artikel Detail

Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

Air yang kita gunakan sehari-hari baik untuk keperluan mandi, mencuci atau MCK haruslah memenuhi standar baku mutu air bersih. Air sumur yang bersih adalah air yang memiliki kriteria Tidak berwarna, Rasanya tawar, Air jernih atau tidak keruh, Tidak berbau, Tidak mengandung zat kimia beracun, Tidak mengandung bakteri dan Kesadahannya rendah.  Tidak semua tempat dimuka bumi menyediakan air bersih. Terkadang kita menemukan dua sumur yang berdekatan namun memiliki kualitas air yang berbeda, yang satu bening dan bersih dan yang satunya air mengandung zat besi dan berbau bahkan keruh.

-Tes air yang Mengandung Fe-

Tidak semua air sumur sudah memenuhi standar, Menurut Permenkes
Nomor: 416/MENKES/PER/IX/1990
tentang persyaratan kualitas air bersih, kandungan zat besi (Fe) dalam air maksimum adalah 1,0 mg/L.  

Nomor: 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, kandungan zat besi  (Fe) dalam air maksimum adalah 0,3 mg/L.

 

Cara mengetahui air mengandung zat besi tinggi

Mengndapkan air didalam bak atau penampungan air jika air yang diendapkan tidak berbau besi dan berwarna kuning maka kwalitas airnya cukup baik. Air yang mengandung besi biasanya jernih saat diambil, namun setelah didiamkan akan berubah menjadi kuning atau keruh karena terdapat butiran-butiran kecil, dimana jika didiamkan butiran tersebut akan mengendap ke dasar penampungan air. Lama perubahan air tergantung dari kadar besinya, semakin tinggi kadar besi, maka semakin banyak endapan dan semakin kuning warnanya. Air yang mengandung besi juga biasanya berbau seperti bau besi atau tanah, dan terasa licin.

 

Masalah dan Bahaya air mengandung zat besi tinggi

Dalam keseharian

Endapan febersifat korosif terhadap pipa besi dan akan mengendap pada saluran pipa, sehingga mengakibatkan penyumbatan. Air akan menjadi keruh, berbau, dan menimbulkan rasa anyir sehingga tidak dapat digunakan untuk dikonsumsi atau digunakan untuk sehari-hari. Serta Menyebakan rusaknya warna kain seperti menimbulkan noda-noda kuning kecoklatan pada peralatan dan pakaian yang kita cuci.

Bagi kesehatan

Senyawa besi dalam jumlah kecil di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah, tetapi zat Fe yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti keracunan dimana terjadi muntah, kerusakan usus, penuaan dini hingga kematian mendadak, radang sendi, cacat lahir, gusi berdarah, kanker, cardiomyopathies, sirosis ginjal, sembelit, diabetes, diare, kulit kehitam–hitaman, sakit kepala, gagal hati, hepatitis, hiperaktif, hipertensi, infeksi.

 

Cara Mengatasi Air mengandung zat besi (FE)

Salah satu cara untuk menangani masalah air yang menggandung zat besi atau Fe tinggi adalah dengan dilakukannya penyaringan air sebelum dipakai menggunakan Filter Air.

 

Related News

Jenis Rumput Pakan Sapi Potong Untuk Memaksimalkan Bobot Ternak

Jenis Rumput Pakan Sapi Potong Untuk Memaksimalkan Bobot Ternak

September 18, 2023
  Jenis rumput yang yang dimakan sapi atau hewan ternak lainnya sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan sapi potong. Beda...
Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

March 16, 2022
Cegah banjir dengan membuat sumur resapan Banjir Banjir adalah suatu keadaan dimana suatu daerah digenangi air yang berlebihan. Banjir dapat...
Jual Spinner Peniris Minyak Harga Terjangkau

Jual Spinner Peniris Minyak Harga Terjangkau

September 04, 2023
  Mesin peniris minyak adalah mesin spinner yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada makanan dengan lebih efisien dibandingkan dengan...