Alasan Kenapa Disebut Es Goyang - MadaniTec

Artikel Detail

Alasan Kenapa Disebut Es Goyang

Alasan Kenapa Disebut Es Goyang

Pada era 90'an pastinya akrab dengan jajanan jadul ini, es goyang namanya. Jika ditanya seperti apa es krim asal Indonesia, maka es goyang adalah salah satu jawabannya. Es krim ala Indonesia yang banyak ditemukan di sekolah-sekolah ini sebenarnya bukan asli Jakarta. Es ini berasal dari Bandung, tapi penjualnya banyak ditemukan di Jakarta.

Anda yang lahir pada era 80 atau 90-an pasti tidak asing dengan jajanan es tradisional yang kerap disebut Es Goyang. Es yang terbuat dari bahan sederhana ini dijual dengan menggunakan gerobak kayu yang didorong. Gerobak ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat menaruh es tetapi juga untuk membuat es goyang yang bergagang lidi bambu ini. 

Anda yang belum kenal es goyang pasti bertanya-tanya kenapa disebut es goyang. Seperti namanya, asal muasal nama es goyang sendiri berasal dari pembuatannya dengan cara menggoyang-goyang gerobak esnya selama lebih kurang 5 menit.

Menurut Bang Kardi, salah seorang penjual es goyang di Setu Babakan, bahan-bahan pembuatan es goyang sangat sederhana. Adonan es merupakan campuran antara santan kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkue. Tepung hunkue merupakan tepung yang terbuat dari tumbukan kacang hijau. Tepung jenis ini banyak ditemukan di pasar tradisional. Penjual es goyang juga banyak yang membuat variasi rasa dengan menambahkan buah segar seperti alpukat, durian, bahkan coklat.

Cara membuat es goyang ternyata tidak serumit yang dipikirkan. Bahan-bahan yang sudah dicampur sehingga mencapai kekentalan tertentu dituangkan ke dalam cetakan. Cetakan tersebut lalu dimasukkan ke wadah pendingin yang berisi bongkahan es. Gerobak penjual es goyang biasanya memiliki wadah pendingin yang cukup besar di bagian tengahnya.

Sebelum adonan es mendingin, es goyang dibubuhi tusukan sebagai pegangan saat dinikmati. Setelah itu, barulah gerobak digoyang-goyangkan agar adonan es membeku dengan rata. Dari proses pembuatannya yang digoyang-goyang inilah toponimi es goyang berasal.

Cukup dengan membayar Rp2.000 per potong, sensasi kenikmatan menggigit es goyang sudah bisa dirasakan. Agar lebih nikmat, jangan lupa untuk mencelupkan es goyang ke dalam kuah coklat. Teksturnya yang lembut akan terasa lumer di mulut. Dan bagi sebagian orang, menggigit es goyang berarti mengingat kembali kenangan masa lalu.

Akan tetapi, kini sulit untuk menemukan gerobak penjual es goyang.  Perkembangan zaman ikut memicu mengapa jajanan jadul ini sulit bertahan di tengah berkembang dan beragamnya jajanan masa kini. Jangan khawatir akan kesulitan menemui jenis es ini. Madanitec memberikan solusi bagi anda semua untuk bisa bernostalgia dan tetap merasakan nikmatnya jenis es goyang ini. Madanitec menyediakan mesin pembuat es goyang dengan kapasitas 100 cetakan.

Mesin ini memberikan peluang bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan keadaan ini untuk menjadi peluang usaha yang baru dan pastinya akan mendatangkan keuntungan.

 

Dapatkan Mesin Es Goyang dengan harga dan penawaran terbaik dari Madanitec.
Informasi dan pemesanan hubungi sms/wa
0812-1577-8768
Atau langsung klik di Marketplace kami : ShopeeTokopediaBukalapak

Related News

Mesin Pencacah Plastik Untuk Pengusaha Limbah Plastik

Mesin Pencacah Plastik Untuk Pengusaha Limbah Plastik

September 08, 2023
Penggunaan plastik saat ini mengalami peningkatan sebesar 200 kali lipat. Banyak orang beranggapan penggunaan plastik ini hanya mencemari lingkungan,...
Usaha Depot Air Minum

Usaha Depot Air Minum

September 06, 2018
Apa itu depot air minum ? Yaitu tempat pengisian atau isi ulang air minum siap konsumsi yang biasanya menggunakan galon-galon kosong. Air minum isi ul...
Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak

Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak

July 15, 2020
      Menjadi makanan ringan sehari-hari bagi sebagian masyarakat Indonesia, makanan ringan atau snack yang kerap dibeli di...