Biopori Ternyata Sangat Menguntungkan - MadaniTec

Artikel Detail

Biopori Ternyata Sangat Menguntungkan

Biopori Ternyata Sangat Menguntungkan

Biopori

 

    Biopori adalah lubang resapan tanah, biopori sendiri merupakan lubang yang tidak begitu dalam berbentuk lingkaran, dengan pipa berlubang didalamnya, dan ditutup oleh plastik atau steinlees berbentuk garis-garis. Lubang resapan biopori banyak manfaat dari segi lingkuhan rumah , jalan raya, perkotaan. Banyaknya daerah yang sering banjir seperti Jakarta, disebabkan karena kurangnya resapan air ke tanah. Biopori berperan banyak dalam kondisi tersebut. LIHAT : Alat Pelubang Tanah

    Manfaat biopori lainnya adalah, sisa makanan dari hasil limbah pribadi atau limbah rumahan yang bersifat organik dapat ditampung didalam lubang biopori agar selanjutnya terurai menjadi pupuk organik. Tanah disekitar resapan akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan tanah disekitarnya yang tidak terdapat lubang biopori. karena lubang biopori memberikan unsur-unsur yang diperlukan tanah agar menjadi lebih sehat dan subur.

    

Selain itu, menurut website Sumber Daya Alam Sulawesi,  Manfaat biopori lainnya adalah  

1. MENGURANGI SAMPAH ORGANIK

Pembuatan lubang resapan biopori dapat mengurangi sampah organik dari rumah kita ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Karena, ketika kita membuat lubang, salah satu proses yang harus dilakukan adalah memasukkan sampah organik.

Selain mengurangi sampah organik yang akan dibuang ke TPA, pembuatan biopori juga akan membuat masyarakat biasa memilah antara sampah organik dan anorganik.

2. MENYUBURKAN TANAH

Ketika kita memasukkan sampah organik ke dalam lubang, akan terjadi proses biologis yang akan menjadikan sampah tersebut menjadi pupuk kompos. Dengan terbentuknya pupuk kompos di dalam lubang, tentu akan membuat tanah menjadi lebih subur.

3. MEMBANTU MENCEGAH TERJADINYA BANJIR

Saat ini, banjir sering terjadi entah itu di kota atau di kampung, dan salah satu penyebabnya adalah sistem drainase yang tidak baik. Biasanya di daerah padat penduduk drainasenya buruk karena kurangnya daya serap air oleh tanah.

Dengan membuat lubang resapan biopori, dapat membantu air untuk segera masuk ke dalam tanah. Selain itu, sampah organik yang ada di dalam lubang merupakan makanan dari cacing tanah.

Cacing yang masuk ke dalam lubang akan membuat terowongan-terowongan kecil di dalam tanah ketika menuju ke lubang yang berisi sampah organik. Hal ini tentu akan membuat air lebih cepat meresap ke dalam tanah.

4. MEMPENGARUHI JUMLAH AIR TANAH

Terowongan-terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah akan meningkatkan luas permukaan tanah. Hal ini tentu akan membuat kapasitas tanah untuk menampung air menjadi meningkat. Bahkan, lubang resapan biopori ini mampu meningkatkan luas bidang resapan menjadi 40 kali lipat. 

 

 

 

Kami, Madanitec mendukung penuh kegiatan penghijauan dan pengolahan limbah.  Kami menyediakan berbagai alat untuk mempermudah membuat biopori hingga alat alat yang lainnya.

 

Untuk katalog produk yang kami sediakan, kunjungi website kami di

www.madanitec.com

Info pemesanan via chat whatsapp dan dapatkan tawaran menarik dari kami klik link dibawah ini :

https://bit.ly/31GDIuv 

Related News

Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

Peluang Usaha Parut Kelapa Masih Menjanjikan?

March 17, 2021
Kelapa saat ini telah menjadi komoditi sumber daya alam yang banyak dibutuhkan, bahkan di indonesia sendiri hasil panen kelapa sangatlah tinggi. Oleh...
Air Mengandung Kapur (CACO3)

Air Mengandung Kapur (CACO3)

April 20, 2019
Dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, pada umumnya masyarakat menggunakan beberapa sumber. Mulai dari air PAM / PDAM, air sumur, bahkan masih ada yang...
Menghemat Biaya Produksi Memanfaatkan Bahan Sisa

Menghemat Biaya Produksi Memanfaatkan Bahan Sisa

July 11, 2020
      Sebagai pengusaha rumahan atau pemilik usaha, berpikir bagaimana caranya menghemat biaya produksi tetapi hasil yang dida...