Cara Menanggulangi Banjir di Tahun 2021, Bisa Diterapkan di Rumah Sendiri ! - MadaniTec

Artikel Detail

  • Home
  • Artikel
  • Umum
  • Cara Menanggulangi Banjir Di Tahun 2021, Bisa Diterapkan Di Rumah Sendiri !

Cara Menanggulangi Banjir Di Tahun 2021, Bisa Diterapkan Di Rumah Sendiri !

Cara Menanggulangi Banjir Di Tahun 2021, Bisa Diterapkan Di Rumah Sendiri !

Banjir Itu Apa Sih?

Pasti sudah gak asing lagi ya teman-teman. Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu.

Ukuran danau atau badan air terus berubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman, namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain.

 

Apa Saja Penyebab Banjir?

1. Sungai, akibat curah hujan yang tinggi yang menyebabkan endapan dari hujan melebihi kapasitas saluran sungai.

2. Pantai, diakibatkan badai laut besar atau bencana lain seperti tsunami atau hurikan. Banjir badai akibat siklon tropis atau siklon ekstratopis masuk dalam kategori ini.

3. Lumpur, Banjir lumpur terjadi melalui penumpukan endapan di tanah pertanian. Sedimen kemudian terpisah dari endapan dan terangkut sebagai materi tetap atau penumpukan dasar sungai. Endapan lumpur mudah diketahui ketika mulai mencapai daerah berpenghuni. Banjir lumpur adalah proses lembah bukit, dan tidak sama dengan aliran lumpur yang diakibatkan pergerakan massal.

4. Malapetaka, diakibatkan oleh peristiwa mendadak seperti jebolnya bendungan atau bencana lain seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

5. Manusia, Kerusakan tak disengaja oleh pekerja terowongan atau pipa. Juga dapat terjadi karena pengelolaan tata ruang yang salah. Hal ini menyebabkan air tidak mudah terserap atau lambat mengalirnya, sehingga debit air cepat meningkat atau lebih banyak yang tertahan daripada yang tersalurkan ataupun yang terserap.

6. Lainnya, Banjir dapat terjadi ketika air meluap di permukaan kedap air (misalnya akibat hujan) dan tidak dapat terserap dengan cepat, Rangkaian badai yang bergerak ke daerah yang sama, juga berang-berang pembangun bendungan dapat membanjiri wilayah perkotaan dan pedesaan rendah, umumnya mengakibatkan kerusakan besar.

 

Bagaimana Cara Menanggulangi Banjir?

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki pergantian cuaca yaitu kemarau dan hujan. Banjir cukup sering terjadi setiap tahunnya, dimana air sungai yang menguap dan tidak mampu lagi menampung air sehingga air mengalir kejalan dan pemukiman penduduk.

Dahulu musim hujan dan kemarau terjadi secara beraturan, yaitu selama 6 bulan dan waktunya yaitu april-oktober untuk musim kemarau, oktober april untuk untuk musim hujan. Tetapi karena perubahan alam yang tidak menentu membuat kedua musim ini berubah secara tidak beraturan atau tidak menentu. Terkadang lebih sering dijumpai musim kemarau lebih panjang atau sebaliknya.

Dan waktu terjadinya pun sekarang lebih sulit di prediksi, karena pengaruh dari kondisi alam yang tidak menentu. Salah satu hal yang tidak pernah berubah di Indonesia adalah banjir setiap musim hujan,dahulu mungkin hanya beberapa tempat saja yang sering terkena banjir,namun sekarang sudah banyak sekali daerah indonesia yang selalu terkena banjir.

 

Berikut cara menanggulangi banjir :

1. Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik, sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari atau menjadi tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan selokan menjadi tersumbat.

2. Banyaknya penggundulan hutan juga salah satu sebabnya. Mereboisasi tanaman dapat membantu mencegah banjir karena dapat membantu penyerapan air dengan cepat.

3. Hindari membangun rumah disekitar sungai, karena hal tersebut dapat membuat lahan sungai menjadi sempit dan membuat sampah jatuh kesungai.

4. Membuat sumur buatan untuk dapat menyedot air dengan cepat apalagi untuk didaerah rawan banjir seperti daerah perkotaan, hal ini dapat menjadi solusi nya.

5. Membuat Biopori di halaman rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menanggulangi banjir agar tidak masuk ke dalam rumah. Biopori adalah sebuah lubang yang dibuat untuk meresap air dari permukaan menuju ke dalam tanah. Biasanya lubang tersebut digali sekitar 10-30 cm.

Beberapa bahan yang bisa gunakan untuk membuat Biopori adalah pipa berbentuk tabung yang telah dilubangi sekelilingnya, bor tanah, sampah organik, kawat, dan juga air. Pertama, kamu harus terlebih dahulu menentukan lokasi yang memiliki kedalaman dan resapan air yang bagus. Kemudian, basahi tanah dengan air.

Setelah itu, letakkan pipa biopori yang telah dilubangi dengan posisi tegak lurus ke atas. Jika Anda merasa posisi pipa sudah pas dan kuat, isi dengan sampah organik seperti daun, rumput atau kulit buah. Kemudian, Anda tingga menutup rapat pipa dan kencangkan menggunakan kawat besi. Cukup mudah bukan?

Baca juga : Manfaat Biopori

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan dirumah. Oleh karena itu, kita harus menjaga lingkungan dengan baik, dan tidak membuang sampah sembarangan keselokan, sungai, bahkan dijalan, supaya dijauhkan dari kata banjir.

Dapatkan alat pelubang tanah / bor biopori dengan harga dan penawaran terbaik dari Madanitec.
Informasi dan pemesanan hubungi sms/wa 082227427052
Atau langsung klik di Marketplace kami : Shopee, Tokopedia, Bukalapak

Related News

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa Kualitas Ekspor

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa Kualitas Ekspor

September 02, 2023
Briket adalah bahan bakar padat dari biomassa yang digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Biomassa yang bisa digunakan diantaranya: batok atau temp...
Kaya Dengan Kerajinan Bambu

Kaya Dengan Kerajinan Bambu

March 19, 2020
Kerajinan tangan dari bambu merupakan sebuah wujud kreatifitas masyarakat yang memanfaatkan batang bambu yang memiliki sifat kuat nan fleksibel, menja...
Menghemat Biaya Produksi Memanfaatkan Bahan Sisa

Menghemat Biaya Produksi Memanfaatkan Bahan Sisa

July 11, 2020
      Sebagai pengusaha rumahan atau pemilik usaha, berpikir bagaimana caranya menghemat biaya produksi tetapi hasil yang dida...