Cara Sederhana Mengolah Sampah Untuk Kompos - MadaniTec

Artikel Detail

Cara Sederhana Mengolah Sampah Untuk Kompos

Cara Sederhana Mengolah Sampah Untuk Kompos

Pupuk kompos kebanyakan yang berasal dari sampah dapur adalah sampah organik yang terdiri dari macam-macam sayuran dan buah-buahan. Sampah organik juga bisa disebut dengan sampah yang bisa terurai. Dengan cara pengolahan yang tepat, sampah ini juga dapat dijadikan sabagai pupuk kompos untuk tanaman Anda. Cara sederhana yang dapat anda lakukan di rumah :

Sampah dikumpulkan dari sisa-sisa seperti sayuran dengan plastik di sekitar rumah Anda. Usahakan sampah sudah dipisahkan antara Sampah organik dan non-organik. Sampah yang akan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat pupuk kompos adalah sampah organik. Untuk jenis sampah sayuran, silahkan menggunakan sayur yang belum di proses dalam pemasakan.

Cacah sampah organik dengan ukuran sekitar 1-2cm. Lalu masukkan ke dalam wadah ember besar.

                                                         Mesin Pencacah Sampah Organik

Diamkan sampah hingga melalui porses pembusukan. Sedangkan proses pembusukannya dipercepat prosesnya dengan menggunakan cairan EM4. cairan ini bisa didapatkan di berbagai toko pertanian yang ada di daerah saudara-saudara sekalian.

Tutup dengan rapat ember yang sudah di isi sampah organik tadi. kemudian Tambahkan larutan pembusuk tadi setiap kali saudara memasukkan sampah baru ke dalam drum atau ember. setelah itu Letakkan ember atau drum di tempat yang teduh. Aduk Sampah secara rutin setiap 3 hari sekali agar campuran larutan em4 agar merata.

Selanjutnya diamkan ember atau drum sampah organik tersebut kurang lebih 2 minggu proses pembusukannya, sehingga terjadi proses yang biasa di sebut komposting. Pada tahap akhirnya terdapat dua jenis pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk padat.

Sebelum digunakan sampah komposting tadi untuk pupuk atau media tanam sebaiknya kompos padat harus dikeringkan bisa dengan cara diangin-anginkan atau di jemur. sedangkan untuk yang cair dapat langsung digunakan untuk tanaman.

                                                                              Mesin Pengaduk Cairan

Cairan kompos tersebut dicampur dengan menggunakan air dengan perbandingan 1:5. Jika cairan kompos yang di hasilkan mengeluarkan bau yang tidak sedap maka bisa dicampurka kapur sirih yang sudah dilarutkan dengan air.

Related News

Praktek Pembuatan Es Krim

Praktek Pembuatan Es Krim

January 19, 2017
Praktek Pembuatan Es Krim oleh Mahasiswa UGM Cara membuat es puter oleh Mahasiswa UGM. Sebelumnya kami sudah menulis artikel cara membuat es puter...
Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

Es Puter, Gelato-nya Indonesia!

January 28, 2021
Kalau Italia punya gelato, Indonesia juga punya sajian es yang disebut es puter. Es puter adalah es tradisional khas Indonesia yang berbahan dasa...
Produk Jahe Naik Daun Saat Korona

Produk Jahe Naik Daun Saat Korona

March 24, 2020
Produk Jae naik daun ditengah corona   Kita mungkin sudah tau dengan minuman tradisional yang berbahan baku jae, temu lawak, kunir asem,ber...