Hujan tiba? membuat pekaranganmu tergenang dan becek? Biopori solusinya! - MadaniTec

Artikel Detail

  • Home
  • Artikel
  • Umum
  • Hujan tiba? Membuat Pekaranganmu Tergenang Dan becek? Biopori solusinya!

Hujan tiba? Membuat Pekaranganmu Tergenang Dan becek? Biopori solusinya!

Hujan tiba? Membuat Pekaranganmu Tergenang Dan becek? Biopori solusinya!

Pekarangan tergenang air dan becek setelah hujan? Biopori solusinya!

Setiap orang mendambakan memiliki pekarangan atau taman yang bersih dan enak dipandang. Pekarangan yang bersih, indah, dan banyak tanaman dapat mengurangi stress ketika dipandang. Pekarangan kita seringkali tidak memperhatikan mengenai aspek resapan air. Pekarangan yang baik haruslah memiliki resapan air yang cukup. 

Pekarangan yang kurang resapan air seringkali membuat pekarangan tergenang dan becek setelah hujan. Genangan air yang dibiarkan jika tidak kunjung kering akan mengakibatkan munculnya jentik nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan. Genangan air juga membuat pekarangan kita terkesan kotor, licin dan membahayakan jika dipijak/dilewati.

Biopori Solusi air menggenang!

Air yang menggenang diakibatkan karena tidak bisa meresap ke tanah dengan baik, sehingga perlu waktu lama untuk air dapat meresap. Mempercepat resapan air dapat dibantu salah satunya dengan membuat BIOPORI. Apa itu biopori? Biopori adalah sebuah lubang dengan diameter kurang lebih 10-15cm dengan kedalaman kurang lebih 1 meter yang berfungsi sebagai lubang resapan air hujan. Biopori memiliki Beberapa Manfaat, diantaranya manfaat biopori adalah sebagai berikut:

Manfaat Biopori

- Menambah resapan air, sehingga mengurangi kemungkinan air menggenang.

- Menambah volume air didalam tanah.

- Membuat tanaman sekitar memiliki cadangan air tanah yang berlimpah, sehingga meningkatkan kesuburan tanaman.

- Secara tidak langsung membantu mencegah terjadinya banjir.

- Mencegah terjadinya erosi tanah.

 

Memiliki manfaat yang sangat baik untuk lingkungan, membuat biopori menjadi hal wajib yang harus ada dipekarangan kita. lalu, bagaimana cara membuat biopori? diartikel  cara membuat biopori dijelaskan bagaimana cara yang benar membuat biopori atau tonton video ini. Masih ragu untuk membuat biopori? masih bingung apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat biopori? 

Kami Madanitec.com menyediakan fasillitas untuk anda dapat membuat biopori. Berupa alat pelubang tanah, tutup biopori, pipa dan alat lainnya. 

Kontak kami disini.

 

Related News

Mesin Pencacah Plastik

Mesin Pencacah Plastik

November 24, 2018
Saat ini teknologi untuk pegolahan sampah sudah sangat berkembang. Salah satunya untuk pengolahan sampah yang berasal dari plastik misalnya plastik be...
Cara Mengoperasikan Mesin Press Kardus

Cara Mengoperasikan Mesin Press Kardus

October 10, 2023
  Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan mesin press hidrolik. Selain itu, akan dibahas pula jenis mesin press kardus yang d...
Kaya Dengan Kerajinan Bambu

Kaya Dengan Kerajinan Bambu

March 19, 2020
Kerajinan tangan dari bambu merupakan sebuah wujud kreatifitas masyarakat yang memanfaatkan batang bambu yang memiliki sifat kuat nan fleksibel, menja...