Khasiat Santan: 6 Khasiat Santan Kelapa untuk Tubuh Sehat dan Cantik - MadaniTec

Artikel Detail

  • Home
  • Artikel
  • Umum
  • Khasiat Santan: 6 Khasiat Santan Kelapa Untuk Tubuh Sehat Dan Cantik

Khasiat Santan: 6 Khasiat Santan Kelapa Untuk Tubuh Sehat Dan Cantik

Khasiat Santan:  6 Khasiat Santan Kelapa Untuk Tubuh Sehat Dan Cantik

Ya, santan kelapa yang biasa untuk bahan makanan terutama memasak untuk ibu rumahan. Walapun sering digunakan sebagai bahan membuat es krim rumahan juga.

Jika melihat pada berbagai kuliner yang tersebar di Indonesia, kita menjumpai banyak sekali masakan yang menggunakan santan kelapa. Sebagian besarnya adalah masakan dari daerah Indonesia bagian barat.

Santan kelapa selain berguna sebagai bahan makanan dan minuman akan tetapi memiliki khasiat juga untuk tubuh manusia.

 

Khasiat Santan Kelapa untuk Tubuh

1. Membantu Mengurangi Dampak Arthritis

Salah satu alasan penting untuk minum air kelapa adalah mengurangi dampak arthritis atau radang sendi. Santan mengandung sejumlah selenium yang merupakan antioksidan. Santan bisa mengurangi arthritis dan rasa sakit

2. Mencerahkan kulit wajah

Sudah biasa mencerahkan kulit dengan bengkoang, susu, yogurt, kali ini cobalah Anda menggunakan santan kelapa. Penggunaanya cukup mudah bisa untuk masker wajah atau untuk membersihkan kulit wajah.

3. Mengatur Gula Darah

Kandungan mangan yang besar dalam santan kelapa membantu dalam mengatur gula darah Anda. Fungsi utama dari mangan adalah untuk membantu dalam metabolisme. Mangan dalam santan juga mencegah peradangan. Sudah ada yang membuktikan dengan mengkonsumsi santan dapat menurunkan kadar gula darah.

4. Mengurangi Minyak di Kulit Wajah

Santan kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Tambahkan parutan kelapa dengan sedikit air agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah (maskeran) biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin setelah beraktifitas atau sebelum tidur.

5. Baik untuk Jantung Sehat

Penelitian terbaru telah mengungkapkan manfaat dari asam lemak rantai medium untuk kesehatan jantung. Data menunjukkan bahwa masyarakat Asia dan kepulauan Hawai yang secara umum lebih sering mengkonsumsi minyak kelapa ketimbang minyak sayuran atau hewan, terbukti mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Asam lemak rantai medium berfungsi untuk membunuh tiga jenis organisme aterogenik utama, yaitu bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak pada dinding pembuluh arteri. Pembuluh arteri yang tersumbat adalah penyebab terjadinya sakit jantung.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian terbaru di Eropa mengklaim dengan mengkonsumsi santan kelapa setiap hari, dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Bahwa santan yang dihasilkan dari perasan buah kelapa, mengandung zat kalium yang bisa memperbaiki kesehatan otak. Dimana menurut diagnosa dokter, rata-rata penyakit Alzheimer menyerang sel-sel saraf otak.

Mengkonsumsi santan kelapa satu cangkir mengandung sekitar 200 IU kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan kalium yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan otak.

Akan tetapi perlu di ingat, terlalu banyak mengkonsumsi santan bisa memicu tinggi kolesterol. Hal ini dikarenakan santan kelapa mengandung berbagai jenis lemak, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6 dan lemak tak jenuh tunggal.

Setiap 100 ml santan kelapa atau 100 gram kelapa parut mengandung kolesterol kurang lebih sebanyak 90%. Bisa dihitung sendiri, berapa banyak kolesterol yang dihasilkan saat mengkonsumsi makanan yang bersantan?

Kami madanitech membuat banyak mesin atau alat untuk pengolahan kelapa :

Dan masih banyak lagi!

apabila anda tertarik silahkan hubungi kontak kami dibawah ini

 

Related News

Sejarah Es Krim

Sejarah Es Krim

March 22, 2017
Es krim merupakan panganan yang unik dengan kekhasnnya dan disukai banyak kalangan. Pada masa penemuannya es krim memilik sejarah yang panjang. Sejara...
Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

Air Yang Mengandung Zat Besi (Fe) Tinggi

April 20, 2019
Air yang kita gunakan sehari-hari baik untuk keperluan mandi, mencuci atau MCK haruslah memenuhi standar baku mutu air bersih. Air sumur yang bersih a...
Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

Cegah Banjir Dengan Membuat Sumur Resapan

March 16, 2022
Cegah banjir dengan membuat sumur resapan Banjir Banjir adalah suatu keadaan dimana suatu daerah digenangi air yang berlebihan. Banjir dapat...