Pengetahuan Tentang Air - MadaniTec

Artikel Detail

Pengetahuan Tentang Air

Pengetahuan Tentang Air

Air merupakan zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk yang hidup di bumi. Manusia membutuhkan air karena sebagian besar tubuh manusia memerlukan air. Di bumi air memiliki beberapa karateristik yang berbeda, hal itu dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, pencemaran, dan alam.

 

Oleh karena karakteristik yang berbeda-beda tersebut, maka diperlukan pengetahuan tentang air yang akan di jelaskan sebagai berikut :

 

Air Sadah Atau Kapur (CaCo3)

Air sadah atau kapur mengandung kalsium yang tinggi. Air Berwarna sedikit putih keruh, dan bila didiamkan terdapat endapan putih. Bersifat sadah. Jika dipanaskan, air akan meninggalkan kerak pada wadah. Adanya kerak pada mulut keran. Ketika mencuci tidak ada atau sedikit busa yang terbentuk. Air kapur memberikan residu (endapan-endapan kapur) pada pakaian. Residu kapur membuat baju menjadi kaku dan menjadi mudah rapuh.

 

Air Berkarat atau Air Berminyak (Fe2+ & Mn2+)

Air berkarat atau air berminyak berwarna kekuningan karena mengandung besi (Fe2+) yang tinggi atau kehitaman jika kandungan mangan (Mn2+) tinggi. Air akan berbau karat. Terdapat seperti lapisan minyak di atasnya. Jika didiamkan dalam wadah maka dinding wadah akan menjadi licin. Apabila air ini digunakan untuk mencuci pakaian putih akan cepat kusam dan menguning, serta menimbulkan bau apek pada pakaian.

 

Air Payau (NaCl)

Air payau memilik kadar garam (NaCl) yang tinggi. Air ini sedikit asin. Mengandung zat organik yang menyebabkan air menjadi bau. Pada saat mencuci tidak berbusa atau busa yang dihasilkan sedikit sekali. Baju putih menjadi kusam atau menguning. Mineral / garam yang tinggi menjadi menempel pada pakaian.

(sumber : B29)

 

Mendapatkan air yang sehat, bersih dan jernih diperlukan oleh manusia untuk metabolisme tubuh sehari-hari. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menjernihkan air. Mulai dari menambahkan bahan dan material yang dapat menjernihkan air sebelum ditampung di penampungan air, seperti arang, batu kali, pasir, silika, dll. Memasang produk air secara instan juga dapat dilakukan untuk mendapatkan air yang jernih dan layak konsumsi. Filter air merupakan alat yang ringkas dan praktis dalam pemasangan. Filter air dapat dilihat melalui katalog kami klik di sini.

 

Related News

Cara Membuat Cilok Dan Lihat peluangnya!

Cara Membuat Cilok Dan Lihat peluangnya!

July 17, 2020
Cilok, makanan yang sering kita temui dimanapun, dipinggir jalan kota maupun desa. Dikota besar maupun kecil, selalu ada cilok. cilok memang mempunyai...
Peluang Bisnis Gorengan Keripik Di Masa Pandemi

Peluang Bisnis Gorengan Keripik Di Masa Pandemi

February 24, 2021
 Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng d...
Komposter Untuk Memanfaatkan Sampah

Komposter Untuk Memanfaatkan Sampah

February 10, 2020
Manfaat Kompos Kompos memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk me...